Tip Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak di Usia Dini

Tip Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak di Usia Dini

Gadget sudah menjadi suatu kebutuhan vital dalam kehidupan masyarakat modern. Di masa kini benda canggih ini dimiliki tak hanya oleh kalangan dewasa saja, tapi juga diminati oleh anak-anak bahkan di usia yang sangat dini. Meskipun sebenarnya hal ini masih terhitung wajar jika penggunaannya ada dalam pengawasan orang tua, namun saat intensitas pemakaian gadget pada anak-anak menjadi terlalu berlebihan tentunya kondisi ini mulai mengkhawatirkan. Salah satu dampak negatif yang timbul adalah timbulnya kecanduan gadget pada anak yang bisa mempengaruhi perkembangan dan juga pola hidupnya. Karena itulah, ada beberapa tip mengatasi kecanduan gadget pada anak usia dini yang dapat dilakukan orang tua agar tidak timbul dampak buruk yang lebih parah.

Ilustrasi kecanduan gadget pada anak

Ilustrasi kecanduan gadget pada anak

Kecanduan gadget memang bisa mengganggu kondisi mental dan juga fisik anak apalagi pada anak usia dini. Waktu belajar, bersosialisasi dan juga bahkan waktu istirahatnya bisa terganggu oleh kebiasaan yang satu ini. Hal ini tentunya bisa merusak kegiatan rutin nya dan juga kesehatannya. Bahkan dampak jangka panjangnya lebih mengkhawatirkan lagi. Kecanduan gadget bisa membuat anak Anda tumbuh dengan kepribadian individualist dan juga egois.

Sebenarnya penggunaan gadget tetap bisa diberikan untuk anak-anak, namun seyogyanya orangtua harus bisa mengawasi dan memberikan batasan yang semestinya pada anak agar tidak jadi kecanduan. Berikut ini adalah tips untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak usai dini, yaitu:

1. Tidak memberi akses penuh pemakaian gadget pada anak
Sebaiknya, peralatan canggih seperti laptop, PC, smartphone dan sejenisnya diletakkan di ruangan keluarga atau di tempat yang mudah mendapatkan pengawasan dari orang tua. Jangan biarkan anak memainkan gadget di kamar tidur apalagi tanpa pengawasan.

2. Tentukan jadwal penggunaan gadget
Sebaiknya, untuk anak usia dini, jangan biarkan mereka memegang sendiri gadget tanpa pengawasan dan batasan waktu. Berilah waktu tak lebih dari 1 jam sehari dalam memakai alat canggih ini, dan buatlah kegiatan fisik yang menarik untuk anak Anda sehingga tak sempat lagi memikirkan untuk memainkan gadget. Sedangkan untuk anak di atas usia 5 tahun, mulailah buatkan jadwal pemakaian gadget yang wajib mereka taati di rumah. Hal ini dapat mengurangi dampak kecanduan dan juga melatih kedisiplinan anak.

3. Jadilah teladan di rumah
Selayaknya orang tua menjadi role model bagi anak-anak dalam penggunaan gadget yang baik. Jangan perlihatkan keasyikan Anda memakai gadget saat di rumah. Berusahalah untuk lebih sering menjalin komunikasi dan hubungan secara verbal dengan anak-anak Anda sehingga gadget tidak lagi menjadi fokus untuk mengisi keseharian mereka.

4. Coba pancing anak anda dengan aktifitas lain

Salah satu trik yang bisa dilakukan orang tua adalah dengan mencoba menawarkan alternatif kegiatan selain menggunakan gadget. Sebaiknya, aktifitas tersebut adalah aktifitas di alam terbuka atau yang memungkinkan untuk berinteraksi dengan orang lain. Contohnya olahraga seperti sepakbola, renang, aktifitas seni seperti musik, tari dan sebagainya bisa dicoba.

Beragam tip mengatasi kecanduan gadget pada anak usia dini bisa efektif hasilnya jika Anda sebagai orang tua benar-benar mampu menjadi teladan dalam hal penggunaan gadget ini di rumah dan juga dalam hal pengawasan juga kepedulian Anda terhadap perkembangan mental dan fisik buah hati Anda.

Comments

comments