Tip Memindahkan Data Server Bagi Pemilik Kuota Internet Terbatas

fibre optic connection
fibre optic connection

fibre optic connection

Mungkin anda mengalami situasi dimana anda harus memindahkan data-data anda dari sebuah server misalnya adalah data website anda ke server baru dalam periode yang singkat. Namun sayangnya, Internet di rumah anda memiliki kuota terbatas Bayangkan jika data di server anda mencapai 1-2 Gigabyte sementara kuota Internet anda selama satu bulan hanya dibatasi  hingga misalnya 12 GB saja.Tip Memindahkan Data Server ke server baru ini akan membantu anda “mengakali” keterbatasan kuota ini dengan cara yang tidak terlalu sulit dilakukan oleh seorang yang awam IT.

Sebagai contoh, andaikan kita ingin memindahkan data website kita di sebuah server ke server baru. Dalam data website tersebut selain skrip-skrip website juga terdapat data dari database seperti MySQL dan sebagainya. Dua data tersebut tentunya juga harus anda migrasikan juga ke server baru.

Bagi beberapa orang yang terbiasa dengan sistem operasi Linux dan memiliki kemampuan IT yang cukup tidak akan kesulitan untuk melakukan transfer data plus database. Ada beberapa layanan dan aplikasi transfer data yang bisa digunakan misalnya Github atau Gitlab. Mereka menyebutnya sebagai web-based Git repository hosting service

Namun mungkin layanan tersebut terasa sulit dan agak ribet bagi anda karena selain harus membuat akun terlebih dahulu di salah  satu layanan tersebut anda pun harus meng-install juga aplikasi tersebut di masing-masing server. Buat anda yang malas belajar mungkin ini bukan pilihan pertama. 🙂

Nah kami coba sharing pengalaman kami yang malas menggunakan layanan tersebut dan hanya menggunakan software favorit kami WinSCP (untuk transfer data di OS Windows) dan Putty untuk akses konsol di masing-masing server. Sebenarnya anda cukup menggunakan Putty saja untuk melakukan seluruh proses ini, namun kadang karena lagi-lagi malas, saya kembali menggunakan WinSCP yang lebih familiar di Windows untuk melakukan beberapa langkah yang sebenarnya bisa dilakukan menggunakan Putty. Versi WinSCP yang kami gunakan adalah 5.1.0.

Mungkin anda yang terbiasa menggunakan software transfer data di windows seperti WinSCP akan berpikir untuk melakukan backup data terlebih dahulu ke laptop anda sebelum memindahkan ke server baru. Mungkin karena batasan kuota Internet anda, sebaiknya jangan dilakukan dahulu.

#1 Tip Memindahkan Data Server : Jangan  Backup Data anda ke Local Computer

Mendownload atau meng-upload data ke server manapun akan membuat kuota Internet anda berkurang. Apalagi “hanya” untuk memindahkan data server anda yang besarnya beberapa GB. Makin membuat

#2 Tip Memindahkan Data Server : Pastikan semua data dikompresi terlebih dahulu.

Kompresi dahulu direktori-direktori yang anda ingin pindahkan dalm format TAR dan/atau GZ. Karena sekali lagi saya malas menggunakan konsol Putty, saya memilih menggunakan WinSCP untuk melakukan proses ini. Setelah anda login, silakan menuju direktori yang ingin anda kompresi.

winscp tar process

winscp tar process

Klik kanan dan pilih menu Custom Commands | Tar/GZip. beberapa detik kemudian (tergantung ukuran file) sebuah file dengan ekstensi tar.gz akan terbentuk. File ini siap di transfer ke server anda yang baru.

#3 Tip Memindahkan Data Server : Login ke server asal dan pindahkan data melalui menggunakan konsol Putty

Berikutnya anda bisa mulai lakukan login ke server asal dengan menggunakan Putty, dan dengan terminal teks (UNIX) lanjutkan dengan menuju direktori dimana file tar.gz tadi berada. Pastikan anda telah meng-install SCP di server LinuX anda. Gunakan perintah berikut untuk mentransfer data file berformat tar.gz tadi ke server baru.

  > SCP <nama_file_tar_gz> akun-server-baru@ip.server.baru.anda:”<direktori_tujuan_di_server_baru>”

Sebagai contoh, andai anda ingin memindahkan file bernama hargagadget.tar.gz ke server baru dengan ip 1.2.3.4 menggunakan login harga ke direktori /var/www/hargagadget, maka perintahnya adalah :

  > SCP harga.tar.gz  harga@1.2.3.4:”/var/www/hargagadget”

Selanjutnya anda akan diminta mengisi password untuk login harga tersebut. Isikan dengan benar, selanjutnya proses transfer data akan berjalan “tanpa” mengurangi kuota internet anda secara signifikan, karena koneksi internet yang digunakan adalah koneksi internet dari server anda nun jauh disana.

#4 Tip Memindahkan Data Server : Lakukan Proses Untar untuk mengekstraksi direktori-direktori yang terkompresi.

Setelah selesai, anda bisa lakukan ekstraksi file terkompresi yang telah terkirim tadi dari server baru. Anda bisa gunakan putty untuk mengektraksi file tersebut dengan perintah tar di Unix, namun lagi-lagi saya karena malas, memilih menggunakan WinSCP untuk melakukan proses tersebut. Login ke Server Baru dengan menggunakan WinSCP. Pastikan anda sekarang berada di direktori dimana file tar.gz hasil transfer dari server lama berada.

winscp untar process

winscp untar process

Klik kanan di file tersebut dan pilih Custom Commands | UnTar/GZip. Tunggu beberapa saat, kini data anda telah dipindah tanpa mengurangi secara signifikan kuata Internet anda. SO anda tak perlu was was kehabisan kuota sebelum akhir bulan. Selamat mencoba.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *