Mengenal Liquid-Crystal Display, Si Teknologi Layar LCD yang Sangat Kekinian

liquid crystal display

LCD atau Liquid-Crystal Display adalah suatu jenis media display elektronik yang menggunakan jenis kristal cair sebagai material penampil utamanya. Display elektronik sendiri merupakan sebuah komponen elektronika yang berfungsi sebagai alat display suatu data baik berupa karakter, huruf ataupun bentuk grafis. LCD adalah salah satu contohnya. Produk mutakhir ini dibuat dengan menggunakan teknologi CMOS logic yang cara kerjanya bukan menghasilkan cahaya seperti produk-produk sejenis terdahulu tetapi justru memantulkan cahaya yang ada di sekitarnya ke bagian front-lit atau mentransmisikan cahaya dari bagian back-lit perangkat.

liquid crystal display

liquid crystal display

LCD saat ini sudah menjadi salah satu item produk yang sangat kekinian dan banyak ditemukan pada produk elektronik rumahan seperti pada produk perangkat televisi, Personal Computer (PC), laptop, bahkan kalkulator dan juga banyak produk lainnya yang memakai fasilitas layar monitor. LCD yang tampil dengan layar datar dan tipis ini sangat diandalkan dalam mendominasi jenis tampilan screen produk-produk elektronik terkini. Perangkat modern ini dikenal membutuhkan daya listrik yang cukup rendah, mengeluarkan panas minimum dan memiliki resolusi tampilan yang tinggi dengan kualitas yang prima.

Meskipun menggunakan teknologi terkini, namun layar LCD memiliki sejumlah kekurangan selain juga beberapa keunggulan yang dimilikinya. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai keunggulan dari LCD, yaitu:

” LCD memiliki ukuran dimensi layar yang ramping dan tipis sehingga hemat tempat.
” Bobot dari layar LCD dikenal sangat ringan sehingga sangat portable dan mudah untuk dipindah-pindah.
” Kualitas tampilan gambar LCD sangat baik, lebih tajam dan juga sangat jernih.
” LCD tidak memantulkan cahaya sehingga layar tidak akan silau saat terkena cahaya dari arah lain.
” LCD juga dikenal aman dan baik untuk mata pemirsanya. Radiasi yang dihasilkan oleh layar LCD jauh lebih kecil dibanding jenis layar lainnya sehingga tetap nyaman di mata saat dilihat dari jarak dekat.
” LCD sangat hemat listrik, bahkan hanya setengah dari konsumsi daya listrik jenis layar lainnya.

Adapun kekurangan produk ini di antaranya adalah:

” Sudut pandang layar terbatas, sehingga untuk mendapatkan kualitas gambar terbaik maka penglihatan pemirsa harus sejajar dengan layar.
” Terdapat kendala dead pixel merupakan yaitu berupa timbulnya titik hitam di layar akibat adanya pixel yang rusak atau mati. Umumnya dead pixel muncul akibat kegagalan saat awal produksi ataupun akibat dari aktivitas yang bisa mengurangi kualitas layar dan memunculkan dead pixel.
” Layar LCD dikenal cukup sensitif sehingga rentan kerusakan.
” Harga layar LCD dan juga biaya servisnya terbilang cukup mahal.

Dibalik kekurangan yang dimiliki Liquid-Crystal Display, namun segala keunggulannya mampu menutupi hal tersebut dan membuat produk ini jauh lebih diminati konsumen terutama dari kalangan masyarakat kelas menengah ke atas.

 

Comments

comments